Indo Artileri

Kembalilah Jaya Indonesiaku

Kami Membutuhkanmu Soekarno

Kembalilah

Proses Sosial Disosiatif

Proses Sosial Disosiatif

  Proses Sosial Disosiatif

   1. Kontravensi

   Kontravensi adalah suatu proses sosial antara pihak yang satu dengan pihak yang lain saling tidak cocok, tetapi keduanya masih menahan diri untuk tidak terjadi suatu pertikaian. Kontravensi ini mempunyai lima macam tingkatan antara lain :

   A. Kontravensi Umum

   Kontravensi umum adalah kontravensi dalam bentuk yang masih umum yaitu suatu bentuk pergaulan antara dua pihak atau lebih yang saling tidak cocok, tetapi masing - masing pihak masih bisa bergaul dan menahan diri untuk tidak saling bermusuhan.

   B. Kontravensi Sederhana

   Kontravensi sederhana adalah suatu bentuk pergaulan antara dua pihak atau lebih yang saling tidak cocok, tetapi ketidakcocokannya ini sudah disampaikan kepada pihak ketiga.

   C. Kontravensi Intensif

   Kontravensi Intensif adalah suatu bentuk pergaulan antara dua belah pihak atau lebih yang tidak cocok, tetapi ketidakcocokannya sudah disampaikan kepada pihak ketiga dengan ditambahnkan isu - isu atau fitnah - fitnah kepada pihak lawan.

   D. Kontravensi Rahasia

   Kontravensi rahasia adalah suatu bentuk pergaulan antara dua pihak atau lebih yang saling tidak cocok serta ketidakcocokannya itu telah disampaikan kepada pihak ketiga dengan ditambahi isu - isu dan fitnah serta berusaha melakukan perlawanan secara rahasia kepada pihak lawan.

   E. Kontravensi Taktis

   Kontravensi taktis adalah misteri kontravensi yang sudah berkembang menjadi tindakan - tindakan untuk membuat pihak lawan takut dan terkejut, tetapi belum sampai menimbulkan suatu konflik.

   2. Persaingan (Competition)

   Pada dasarnya kompetisi merupakan suatu proses sosial dalam bentuk komunikasi timbal balik langsung maupun tidak langsung yang masing - masing pihak saling bersaing untuk memperebutkan segala sesuatu yang sifatnya terbatas. Persaingan mempunyai 2 sifat :
   A. Personal competition (persaingan antar individu yang terjadi secara langsung.
   B. Impersonal competition (persaingan antarkelompok)

   Persaingan memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut.
   A. Menyalurkan keinginan individu atau kelompok yang sama - sama menuntut untuk dipenuhi, padahal sulit dipenuhi semuanya secara serentak.
   B. Menyalurkan kepentingan serta nilai - nilai dalam masyarakat terutama yang menimbulkan konflik.
   C. Menyeleksi individu yang pantas memperoleh status dan peran yang sesuai dengan kemampuannya.

   Persaingan yang disertai dengan kekerasan, ancaman atau keinginan untuk merugikan pihak lain dinamakan persaingan tidak sehat. Hal ini bukan lagi termasuk persaingan tetapi sudah menjurus pada permusuhan, misalnya persaingan di bidang ekonomi dan politik.

   A. Hal yang Menyebabkan Tumbuhnya Persaingan, antara lain :

   1) Perbedaan pendapat mengenai sesuatu yang paling prinsip
   2) Perselisihan paham yang mengusik harga diri seseorang
   3) Persamaan kepentingan dalam hal yang sama
   4) Perbedaan sistem nilai dan norma dari kelompok masyarakat
   5) Perbedaan kepentingan politik.

   B. Persaingan Dapat Berakibat, antara lain :

   1) Tumbuhnya solidaritas antar anggota kelompok atau kelompok.
   2) Timbulnya perubahan sikap baik positif maupun negatif
   3) Kehilangan harta benda atau jiwa manusia jika terjadi benturan fisik
   4) Terjadi negosiasi di pihak - pihak yang bertikai di dalam keadaan status quo

   3. Pertikaian (konflik)

   Istilah konflik berasal dari kata Latin "configere" yang berarti saling memukul. Dalam pengertian sosiologi, konflik dapat didefinisikan sebagai suatu proses sosial di mana dua orang atau kelompok berusaha menyingkirkan pihak lain dengan jalan menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.
   

   A. Pengertian Konflik

   Pertikaian atau konflik merupakan proses sosial yang masing - masing pihak tidak saja bersaing melainkan telah bersuaha secara nyata untuk menghancurkan pihak - pihak lawan. Konflik ini merupakan puncak dari proses sosial disosiatif yang akan berakibat negatif terhadap kedua belah pihak dan menjadi sangat buruk apabila kedua belah pihak yang melakukan konflik mempunyai kekuatan yang seimbang.

   B. Akibat Konflik

   Konflik berakibat pada kehidupan masyarakat. Akibat dari konflik sebagai berikut.
   1) Perusakan harta benda dan fasilitas umum.
   2) Perusakan sistem hubungan antara kelompok masyarakat yang satu dengan kelompok masyarakat yang lain yang mempunyai jalinan saling keterkaitan walaupun tidak terlibat langsung dalam suatu konflik.
   3) Penjajahan adalah suatu penguasaan masyarakat yang satu oleh masyarakat yang lain. Hal ini akan terjadi pada masyarakat yang menang dalam suatu peperangan terhadap masyarakat yang kalah.
   4) Penetrasi budaya adalah suatu pemaksaan kepada pihak yang kalah untuk memakai sistem budaya masyarakat yang menang dalam suatu konflik.

   C. Cara Pemecahan Konflik

   Selain cara - cara akomodasi yang telah kita bahas bersama, masih ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memecahkan atau menyelesaikan konflik, di antaranya elimination, subjugation atau domination, majority rule, minority consent, dan integrasi.
   1) Elimination, berarti pengunduran diri salah satu pihak yang terlibat dalam konflik antara lain, dengan ucapan 'kami mengalah', 'kami mundur', 'kami keluar', 'kami keluar', dan sebagainya.
   2) Subjugation atau domination, berarti orang atau pihak yang mempunyai kekuatan terbesar dapat memaksa orang atau pihak lain untuk menaatinya, terutama pihak yang lemah.
   3) Majority rule, berarti suara terbanyak yang ditentukan melalui pemungutan suara atau voting yang akan menentukan keputusan tanpa mempertimbangkan argumentasi.
   4) Minority consent, berarti ada kelompok mayoritas yang menang, namun kelompok minoritas tidak merasa dikalahkan dan menerima keputusan, serta sepakat untuk melakukan bersama.
   5) Integrasi, berarti pendapat - pendapat yang bertentangan, didiskusikan, dipertimbangkan, dan ditelaah kembali sampai kelompok yang saling bertentangan mencapai suatu keputusan yang memuaskan bagi semua pihak.

0 Komentar untuk "Proses Sosial Disosiatif"

 
Copyright © 2014 Indo Artileri - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info