Indo Artileri

Kembalilah Jaya Indonesiaku

Kami Membutuhkanmu Soekarno

Kembalilah

BEVRIJDINGSPOP, SEBUAH PERAYAAN KEBEBASAN


www.cottaartv.nl
www.cottaartv.nl
Selama tahun 1939 – 1945, dunia terlibat perang sengit yang berpusat di Eropa. Negara yang menjajah Indonesia selama 350 tahun pun terkena imbasnya. Setelah blok poros kalah, tak hanya bumi pertiwi yang menyatakan merdeka, tapi juga Belanda.

www.pressrecord.nl
www.pressrecord.nlJerman yang dipimpin Adolf Hitler menduduki Belanda pada tahun 1940. Selama lima tahun, negeri kincir angin masuk ke dalam wilayah “operasi bersih-bersih”-nya Nazi. Kebencian merebak, kelompok pemberontak bermunculan, perang tak terelakkan, korban terus berjatuhan, Belanda pun bagai terpenjara. Setelah kalah pada tahun 1945, pasukan Jerman menyerah di kota Wageningen. Setelah itu setiap tanggal 4 Mei, bendera merah putih biru di seluruh pelosok negeri berkibar setengah tiang dan orang-orang pergi ke gereja sebagai bentuk penghormatan pada seluruh korban Perang Dunia II. Satu hari berikutnya, tanggal 5 dipilih sebagai hari kebebasan rakyat Belanda. Seluruh provinsi berpesta dengan mengadakan beragam acara.
Setelah bebas tahun 1945, perayaan 5 Mei digelar pertama kali tahun 1980 di kota Haarlem. Ilco Van Der Linde yang mempelopori Festival Bevrijdingspop (Liberation Pop) edisi 1 sebagai bentuk perayaan berakhirnya Perang Dunia 2, juga mendukung dan menghargai perbedaan serta hak asasi manusia. Suksesnya Bevrijdingspop diikuti oleh kota-kota lain yang juga ingin mengadakan acara dalam rangka memperingati hari kebebasan (Bevrijdings). Hingga saat ini Bevrijdingspop selalu digelar setiap tahun. Haarlem merayakannya dengan pertunjukan musik di salah satu landmark kota, Taman Haarlemmerhout. Konser gratis itu menyajikan beragam genre musik, klasik, rap, pop, alternatif, hingga elektrik. Artis-artis lokal dan internasinal memeriahkan selebrasi negeri tulip. Bazaar makanan,

www.pressrecord.nl
fesyen, pernak pernik, acara debat, puisi, hingga festival anak-anak pun ada di sana. Bevrijdingspop bukan saja perayaan kebebasan yang pertama kali diselenggarakan, tetapi juga salah satu festival terbesar di Belanda dengan jumlah penonton lebih dari 150.000 orang setiap tahunnya. Pagelaran ini bahkan berdiri di bawah naungan yayasan sendiri, sedangkan acara serupa lainnya diorganisir oleh komite negara. Itulah mengapa Bevrijdingspop tetap sebuah perayaan kebebasan yang paling spektakuler di negara Raja Willem-Alexander itu.
www.pressrecord.nlBevrijdingspop adalah acara yang terbuka bagi semua orang tanpa perlu membeli tiket, tetapi pengunjung diharapkan untuk memberikan sumbangan sukarela. Festival itu dimulai pukul 12.00 dan berakhir pukul 23.00. Untuk menuju Bevrijdingspop dapat menggunakan bus 3, 50, 51, 80, 90, atau 140. Alternatif lainnya adalah naik bus 75, 277, atau 300 dan turun di Europaweg. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 15 menit hingga ke venue festival.
Selama di Haarlem Anda dapat menginap di Carlton Square Hotel, Bed And Breakfast Hotel Malts, atau Hostel Station Haarlem. Destinasi lain yang tak kalah menarik adalah Ijssalon Garrone, Holland Festival, dan Koningsdag.

0 Komentar untuk "BEVRIJDINGSPOP, SEBUAH PERAYAAN KEBEBASAN"

 
Copyright © 2014 Indo Artileri - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info