Indo Artileri

Kembalilah Jaya Indonesiaku

Kami Membutuhkanmu Soekarno

Kembalilah

The Man In The Iron Mask - Review

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/7/7c/The_Man_in_the_Iron_Mask.jpgAku sudah menonton film ini kesekian kalinya. Tapi film ini tetap menarik sekalipun telah ditonton berkali-kali. Satu hal yang kusuka dari film ini, sebuah fakta sejarah yang mengejutkan. Sebenarnya, aku sendiri kurang tau bagian mana di film ini yang benar-benar fakta dan mana yang hanya rekaan semata. Memang, di awal cerita, dibilang juga sih kalau ada bagian yang hanya legenda tapi sebagian besar isi film ini adalah fakta.


Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini diproduksi tahun 1998. Singkatnya, film ini bercerita tentang Raja Louis XIV dari Perancis yang ternyata diketahui memiliki seorang saudara kembar. Hanya sedikit sekali orang yang mengetahui hal ini. Menariknya, sifat keduanya sangatlah bertolak belakang. Louis, adalah seorang raja yang angkuh, hanya mementingkan diri sendiri dan memerintah dengan semena-mena. Sedangkan Philippe, bayangkan saja semua sifat yang berkebalikan dari itu semua. Dengan bantuan The Musketeers (Aramis, Athos, Porthos, dan D’Artagnan), sang raja angkuh itu berhasil digantikan oleh saudara kembarnya, Philippe, yang tentu saja karena tidak banyak orang yang menyadari adanya pergantian raja ini, Philippe tetap menggunakan nama saudaranya, Louis XIV sampai ia meniggal. Dan dalam kepemimpinannya, Perancis berada dalam masa kejayaannya.

Lalu apa maksudnya the man in the iron mask? Lelaki di balik topeng besi, itulah Philippe selama hidupnya sebelum ditemukan oleh Aramis, Athos, dan Porthos. Ia dipaksa untuk masuk penjara Bastille dan menggunakan topeng besi supaya tidak ada orang yang menyadari bahwa sang raja memiliki saudara kembar.

Sedikit tentang Louis XIV (1638-1715), dia mendapatkan titel raja semenjak usianya 5 tahun, dan menjadi raja yang berkuasa paling lama, yaitu 72 tahun. Dia juga dijuluki Sun King atau Raja Matahari dan Louis yang Agung (Louis le Grand, atau Le Grand Monarque). 

Mengenai benar atau tidaknya cerita ini, tidak ada orang yang tau sampai sekarang. Karena ada sumber lain yang memasukkan beliau ke nomor tiga sebagai orang paling misterius. Menurut sumber itu, Man In The Iron Mask (Meninggal November 1973) adalah tahanan yang dikurung di sejumlah penjara di Perancis (termasuk penjara legendaris, Bastille) pada masa pemerintahan Raja Louis XIV. Identitas pria ini tidak pernah diketahui karena tidak ada yang pernah melihat wajahnya yang disembunyikan dalam sebuah topeng kulit berwarna coklat. Sekarang kita tahu, bahwa sejak jaman dahulu, orang suka membesar-besarkan cerita karena pada kisah-kisah yang beredar, diceritakan bahwa topeng tersebut terbuat dari baja yang menjadi awal nama julukan yang diberikan kepadanya.

Menurut surat yang diberikan kepada kepala Penjara di Pignerol (BĂ©nigne Dauvergne de Saint-Mars) tempat pertama pria tersebut dipenjarakan, nama pria tersebut adalah Eustache Dauger. Dalam surat itu juga diinstruksikan agar disiapkan sebuah sel yang dilapisi dengan beberapa pintu (untuk mencegah orang dari luar mendengar suara dari dalam sel). Selain itu, juga dikatakan bahwa bila pria tersebut berbicara kepada orang lain selain untuk hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan pribadinya, dia akan dibunuh seketika.
0 Komentar untuk "The Man In The Iron Mask - Review"

 
Copyright © 2014 Indo Artileri - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info