Indo Artileri

Kembalilah Jaya Indonesiaku

Kami Membutuhkanmu Soekarno

Kembalilah

Indahnya Mercusuar Chania, Peninggalan Venesia di Pulau Kreta

en.wikipedia.org.Chania_lighthouse_A
en.wikipedia.org
Pelabuhan Kota Chania (Hania) yang terletak di Pulau Kreta, dulunya merupakan pelabuhan paling sibuk di siang hari dan berubah romantis di malam hari. Romantisme pada malam hari ini terbangun dengan keberadaan sebuah menara mercusuar peninggalan Bangsa Venesia.




www.panoramio.com.lighthouse2
Terletak di sisi paling ujung pelabuhan, mercusuar di pintu masuk pelabuhan ini menjadi simbol utama Kota Hania. Menara ini merupakan satu-satunya mercusuar tertua di Yunani, kawasan Mediterania, bahkan dunia. Untuk sampai ke lokasi mercusuar, Anda bisa naik bus dari pusat kota.
Mercusuar ini mudah dikenali karena bentuknya yang banyak sudut dan tersusun atas blok-blok batu. Meski sudah tidak lagi berfungsi, mercusuar ini menjadi atraksi utama di Kota Hania karena arsitektur dan sejarah yang disimpannya.
Dalam bahasa Yunani, mercusuar adalah pharos atau faros. Memiliki tinggi 21 meter, terletak berseberangan dengan Benteng Firkas (Firkas Fortress), bangunan ini didirikan kali pertama oleh Bangsa Venesia pada 1595-1601, dan mendapatkan bentuk menara seperti yang bisa kita saksikan hingga kini di masa kekuasaan Bangsa Mesir (1831-1841) pada 1839.
Meski digambarkan sebagai peninggalan Bangsa Venesia, sebagian besar bangunannya diselesaikan oleh insinyur dari Prancis di awal era 1860-an, saat Pulau Kreta berada di bawah kekuasaan Dinasti Ottoman. Mercusuar ini terbagi menjadi tiga bagian, di bagian dasar berbentuk segi delapan, bagian tengah merupakan bangunan dengan enam sisi, dan bagian terakhir atau paling atas berbentuk lingkaran.
Material yang digunakan untuk membangun mercusuar ini sama dengan bahan yang digunakan untuk membangun benteng yang melindungi Hania oleh Bangsa Venesia.

Permata Kota Hania

www.panoramio.com
www.panoramio.com.lighthouseMercusuar yang juga diibaratkan sebagai Permata Kota Hania ini berada di antara kompleks Benteng Firkas dan sebuah kapel kecil, Kapel St Nicholas. Para pengunjung diizinkan berjalan-jalan di sekitar benteng dan menara namun tidak diizinkan memasuki ruangan-ruangan mercusuar. Benteng Firkas, Kapel St Nicholas dan mercusuar ini memiliki fungsi utama mengawasi perairan Kreta dari para perompak.
Di malam hari, Mercusuar Hania memancarkan cahaya dari lampu-lampu yang dipasang di sekitarnya, sebuah pemandangan yang luar biasa indahnya. Saat ini, pelabuhan kuno tersebut banyak dikunjungi kapal-kapal para pemancing dan kapal kecil lainnya. Sementara pelabuhan komersial dan angkutan massal Hania berada tujuh kilometer di arah timur, tepatnya di Souda Bay.
Nah, setelah puas berjalan-jalan menikmati keindahan pelabuhan Kota Hania dan mercusuarnya, istirahat nyaman bisa Anda peroleh di Hotel Del Mar, Royal Belvedere Hotel, atau Zorbas Hotel. Saat di Yunani, tak lengkap jika belum berkunjung ke Acropolis Athena, Theater Dionysus atau Istana Kesatria Rhodes.
Lokasi Mercusuar Hania view larger map.
0 Komentar untuk "Indahnya Mercusuar Chania, Peninggalan Venesia di Pulau Kreta"

 
Copyright © 2014 Indo Artileri - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info