Indo Artileri

Kembalilah Jaya Indonesiaku

Kami Membutuhkanmu Soekarno

Kembalilah

Sejarah Kerajaan Islam di Sulawesi : Kehidupan Politik, Ekonomi dan Sosial

Sejarah Kerajaan Islam di Sulawesi : Kehidupan Politik, Ekonomi dan Sosial

  Sejarah Kerajaan Islam di Sulawesi : Kehidupan Politik, Ekonomi dan Sosial

   Kerajaan Makassar sebenarnya terdiri atas 2 kerajaan yakni Kerajaan Gowa dan Tallo. Kerajaan itu bersatu di bawah pimpinan raja Gowa yaitu Daeng Manrabba. Setelah menganut agama Islam, ia bergelar Sultan Alauddin. Raja Tallo, yaitu Karaeng Mattoaya yang bergelar Sultan Abdullah, menjadi mangku bumi. Bersatunya kedua kerajaan tersebut bersamaan dengan tersebarnya agama Islam ke Sulawesi Selatan. Pusat pemerintahan dari Kerajaan Makassar terletak di Sombaopu. Letak Kerajaan Makassar sangat strategis karena berada di jalur lalu lintas pelayaran antara Malaka dan Maluku.

   A. Kehidupan Politik

   Perkembangan pesat Kerajaan Makassar tidak terlepas dari raja - raja yang pernah memerintahnya, yaitu seperti berikut ini.

   1. Raja Alauddin

   Raja Makassar yang pertama memeluk Islam bernama Raja Alauddin yang memerintah Makassar dari tahun 1561 - 1638 M. Kerajaan Makassar mulai terjun dalam dunia perdagangan sehingga menyebabkan meningkatnya kesejahteraan Kerajaan Makassar. Setelah wafatnya Raja Alauddin, keadaan pemerintahan kerajaan tidak dapat diketahui dengan pasti.

   2. Sultan Hasanuddin

   Pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin, kerajaan Makassar mencapai masa kejayaannya. Dalam waktu yang cukup singkat Kerajaan Makassar telah berhasil menguasai seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Sultan Hasanuddin berkeinginan menguasai sepenuhnya jalur perdagangan nusantara mendorong perluasan kekuasaannya ke kepulauan Nusa Tenggara seperti Sumbawa dan sebagian Flores.

   Pertentangan antara Makassar dan Belanda sering menimbulkan peperangan. Keberanian Sultan Hasanuddin untuk memporak - porandakan pasukan Belanda di Makassar mengakibatkan Belanda semakin terdesak. Atas keberaniannya Belanda memberi julukan kepada Sultan Hassanudin dengan sebutan "Ayam Jantan dari Timur".

   Dalam upaya menguasai Kerajaan Makassar, Belanda menjalin hubungan dengan Raja Bone, yaitu Arung Palaka. Saat terjadi peperangan antara Sultan Hasanuddin dengan pasukan kompeni VOC yang dibantu oleh pasukan Aru Palaka dan pasukan Kapten Yonker, ternyata Sultan Hasanuddin dipaksa untuk menandatangani perjanjian di Desa Bongaya pada tahun 1667. Adapun Isi perjanjian Bongaya adalah sebagai berikut.

   1. VOC menguasai monopoli perdagangan di Sulawesi Selatan.dan Sulawesi Tenggara.
   2. Makassar harus melepas seluruh daerah bawahannya seperti Sopeng, Luwu, Wajo dan Bone.
   3. Aru Palaka dikukuhkan sebagai Raja Bone.
   4. Makassar harus menyerahkan seluruh benteng - bentengnya.
   5. Makassar harus membayar biaya perang dalam bentuk hasil bumi kepada VOC setiap tahun.

   Perjanjian tersebut sangat merugikan rakyat Indonesia, terlebih di Makassar dan politik adu domba Belanda terhadap Sultan Hasanuddin dan Aru Palaka telah menghancurkan persatuan rakyat di Makassar.

   3. Mapasomba

   Setelah Sultan Hasanuddin turun tahta, ia digantikan oleh putranya yang bernama Mapasomba. Sultan Hasanudddin sangat berharap agar Mapasomba dapat bekerja sama dengan Belanda. Tujuannya agar Kerajaan Makassar dapat bertahan. Mapasomba jauh lebih keras daripada Ayahnya sehingga Belanda mengerahkan pasukan besar - besaran untuk menghadapi Mapasomba. Pasukan Mapasomba berhasil dihancurkan dan ia tidak diketahui nasibnya.

   B. Kehidupan Sosial

   Kehidupan sosial masyarakat kerajaan Makassar diwarnai oleh ajaran agama Islam. Mayoritas masyarakat Makassar beragama Islam sampai sekarang. Dwi tunggal Sultan Alauddin dan Sultan Abdullah sangat giat mengislamkan rakyatnya. Merkea juga berusaha meningkatkan kesejahteraan rakyatnya dengan berpegang teguh pada keyakinan bahwa Tuhan menciptakan lautan untuk semua hamba - Nya.

   C. Kehidupan Ekonomi

   Kerajaan Makassar yang terletak di Sulawesi itu sangat strategis. Kerajaan itu kemudian berkembang pesat menjadi pusat perdagangan. Kegiatan perekonomian masyarakat Makassar bertumpu pada perdagangan dan pelayaran. Terlebih lagi Masyarakat Sulawesi terkenal sebagai pelaut ulung dan pemberani dalam mengarungi samudera.

   Berkembang Makassar sebagai pusat perdagangan di wilayah timur Indonesia mengakibatkan banyak pedagang asing seperti Portugis, Inggris dan Denmark berdagang di Makassar. Dengan kapal jenis pinisi dan lambo, pedagang Makassar memegang peranan penting dalam perdagangan di Indonesia.
0 Komentar untuk "Sejarah Kerajaan Islam di Sulawesi : Kehidupan Politik, Ekonomi dan Sosial"

 
Copyright © 2014 Indo Artileri - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info