Indo Artileri

Kembalilah Jaya Indonesiaku

Kami Membutuhkanmu Soekarno

Kembalilah

Dampak Pencemaran Udara

Dampak Pencemaran Di Udara


Dampak Pencemaran Udara

1.      Dampak pencemaran udara terhadap kesehatan

   Substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernafasan. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar. partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pernafasan bagian atas, sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru – paru. Dari paru – paru, zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

   Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). termasuk di antaranya asma, bronkitis, dan gangguan pernafasan lainnya. Beberapa zat pencemar dikategorikan sebagai toksin dan karsinogenik.

   Studi ADB memperkirakan bahwa dampak pencemaran udara di Jakarta yang berkaitan dengan kematian prematur, perawatan rumah sakit, berkurangnya hari kerja efektif, dan ISPA pada tahun 1998 senilai dengan 1,8 trilyun rupiah dan akan meningkat menjadi 4,3 trilyun rupiah di tahun 2015.

2.      Dampak Pencemaran udara terhadap tanaman

   Tanaman yang tumbuh di daerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi dapat terganggu pertumbuhannya dan rawan penyakit, antara lain klorosis, nekrosis, dan bintik hitam. Partikulat yang terdeposisi di permukaan tanaman dapat menghambat proses fotosintesis.
   Selain berdampak terhadap kesehatan manusia dan terhadap tanaman, pencemaran udara juga mempunyai dampak sebagai berikut.

1.      Hujan Asam

   pH normal air hujan adalah 5,6 karena adanya CO2 di atmosfer. Pencemar udara seperti SO2dan NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan. Dampak dari hujan asam, antara lain :
a.      memengaruhi kualitas permukaan;
b.      merusak tanaman;
c.      melarutkan logam – logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga memengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan, serta;
d.      bersifat korosif sehingga merusak material dan bangunan.

2.      Efek Rumah Kaca

   Efek rumah kaca disebabkan oleh keberadaan CO2, CFC, metana, ozon, dan N2O di lapisan troposfer yang menyerap radiasi panas matahari dan dipantulkan oleh permukaan bumi. Akibatnya, panas terperangkap dalam lapisan troposfer dan menimbulkan fenomena pemanasan global.

   Dampak dari pemanasan global, antara lain :
a.      pencairan es di kutub;
b.      perubahan iklim regional dan global, serta;
c.      perubahan siklus hidup flora dan fauna.

3.      Kerusakan Lapisan Ozon

   Lapisan ozon yang berada di strafosfer (ketinggian 20 – 35 km) merupakan pelindung alami bumi yang berfungsi memfilter radiasi ultraviolet B dari matahari. Pembentukan dan penguraian molekul – molekul ozon (O3) terjadi secara alami di strasfosfer. Emisi CFC yang mencapai strafosfer dan bersifat sangat stabil menyebabkan laju penguraian molekul – molekul ozon lebih cepat dari pembentukannya sehingga terbentuk lubang – lubang pada lapisan ozon.


   Kerusakan lapisan ozon menyebabkan sinar ultraviolet B matahari tidak terfilter dan dapat mengakibatkan kanker kulit serta penyakit pada tanaman.
0 Komentar untuk "Dampak Pencemaran Udara"

 
Copyright © 2014 Indo Artileri - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info