Indo Artileri

Kembalilah Jaya Indonesiaku

Kami Membutuhkanmu Soekarno

Kembalilah

TORRE DE HÉRCULES, MONUMEN SEJARAH DAN LEGENDA A CORUÑA


23-3
Galicia, daerah otonom Spanyol yang satu ini memang kaya akan peninggalan peradaban kuno. Setelah benteng Romawi di Lugo, kota lainnya yang bernama A Coruña (La Coruña) juga memiliki situs kuno. Torre de Hércules, menara yang menjadi ikon ujung Galicia.
Torre de Hércules atau Menara Hercules adalah mercusuar tertua di dunia yang masih aktif hingga saat ini. Bangsa 23-2Romawi membangun menara ini yang mereka sebut sebagai Farum Brigantium pada akhir abad 1. Pembangunannya dilakukan diatas bukit setinggi 50 meter, bangunannya sendiri memiliki tinggi 55 meter, dimana 34 meter merupakan bebatuan asli dari zaman Romawi dan 21 meter adalah hasil dari renovasi. Tower gagah ini berdiri menghadap ke pesisir Atlantik Utara dan menjadi landmark dari pintu masuk pelabuhan A Coruña.
Monumen sejarah peradaban Romawi ini sempat terbengkalai dan tak digunakan pada abad pertengahan. Baru pada abad 15 mulai kembali difungsikan seiring meningkatnya aktivitas di pelabuhan A Coruña. Rekonstruksi besar-besaran dilakukan pada abad 18 oleh arsitek Eustaqio Giannini. Eksteriornya berubah menjadi gaya neo-klasik.
Selama ribuan tahun tersebar mitos dan legenda tentang asal muasal Torre de Hércules. Menurut legenda yang 23-1diceritakan pada Chronicle of Alfonso X, hidup satu raksasa bernama Gerion yang meneror para penduduk. Titisan Zeus, Hercules datang untuk membinasakan Gerion. Mereka terlibat dalam pertempuran sengit selama 3 hari. Akhirnya Hercules mampu membunuh Gerion dengan memenggal kepalanya. Kepala dan senjata Gerion dikubur, kemudian Hercules memerintahkan pendirian menara di atas kuburan Gerion itu sebagai tugu kemenangan. Diceritakan pula bahwa orang yang menempati tanah merdeka itu adalh seorang wanita bernama Crunna dan kemudian nama wanita tersebut dijadikan nama kota A Coruña. Raja Hispan, keponakan dari Hercules, meletakan sebuah cermin ajaib di puncak menara. Dengan kaca tersebut orang-orang dapat melihat apakah kapal yang sedang berlayar itu musuh atau teman.
Menara Hercules terletak antara teluk Orzán dan Ártabro. Mercusuar ini dibuka setiap hari pukul 10.00 – 21.00 selama Juni hingga September dan 10.00 – 18.00 untuk periode Oktober hingga Mei. Untuk memasuki mercusuar Romawi ini Anda harus membayar tiket seharga  €4, kecuali jika bekunjung di hari Senin. Pada hari tersebut, Torre de Hércules dibuka secara gratis.
Tempat ini dapat dicapai dengan menggunakan bus 3, 3A, atau 5. Anda dapat mengunjungi tempat menarik lain seperti Segovia, Ronda, dan melakukan 6 aktivitas menarik di Tarifa. Selama berwisata Anda dapat menginap di Hotel Balneariode Compostela, Melia Maria Pita Hotel, atau Eurostars Ciudad de la Coruna Hotel.
Lokasi
View Larger Map 

SUMBER
0 Komentar untuk "TORRE DE HÉRCULES, MONUMEN SEJARAH DAN LEGENDA A CORUÑA"

 
Copyright © 2014 Indo Artileri - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info