Indo Artileri

Kembalilah Jaya Indonesiaku

Kami Membutuhkanmu Soekarno

Kembalilah

Pelayaran Bangsa Inggris


Bangsa Inggris ternyata juga tertarik untuk mengikuti orang-orang Eropa yang lain untuk mencari tempat baru di daerah Timur. Ada beberapa tokoh pelaut dari Inggris yang melakukan penjelajahan samudera, antara lain:
1.  Sir Francis Drake
Rombongan Sir Francis Drake berangkat berlayar dari Inggris ke arah Barat pada tahun 1577. Dalam pelayarannya, rombongan ini singgah di Ternate dan mendapatkan rempah-rempah. Setelah mendapatkan banyak rempah-rempah Drake pulang ke negerinya dan sampai di Inggris pada tahun 1580.
2.  Pilgrim Fathers
Pada tahun 1607 rombongan yang menamakan diri Pilgrim Fathers melakukan pelayaran ke arah Barat. Kapal yang bernama May Flower berhasil membawa rombongan ini mendarat di Amerika Utara.
3.  Sir James Lancester dan George Raymond
Pada pelayaran tahun 1591, Lancester berhasil mengadakan pelayaran sampai ke Aceh dan Penang, sampai di Inggris pada tahun 1594. Pada bulan Juni 1602, Lancester dan maskapai perdagangan Inggris (EIC) berhasil tiba di Aceh dan terus menuju Banten. Di Banten, dia mendapatkan izin dan mendirikan kantor dagang.
4.  William Dampier
William Dampier melakukan pelayaran dan berhasil mendarat di Australia pada tahun 1688. Selanjutnya ia terus meneruskan pelayaran menelusuri pantai ke arah Utara.
5.  James Cook
Pada tahun 1770 Cook berhasil mendarat di pantai Timur Australia dan menjelajahi pantai Australia secara menyeluruh pada tahun 1771. Oleh karena itu, James Cook sering disebut sebagai penemu Benua Australia.
0 Komentar untuk "Pelayaran Bangsa Inggris"

 
Copyright © 2014 Indo Artileri - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info