Indo Artileri

Kembalilah Jaya Indonesiaku

Kami Membutuhkanmu Soekarno

Kembalilah

Sejarah Holy Roman Empire



Nama:
English: Holy Roman Empire
German: Heiliges Römisches Reich
Italian: Sacro Romano Impero
Czech: Svatá říše římská
Slovene: Sveto rimsko cesarstvo

Holy Roman Empire (HRE) adalah sebuah kekaisaran yang dulu daerahnya meliputi jerman (paling utama), austria, belgia, ceko, Liechtenstein, luxemburg, monaco, belanda, san marino, slovenia, swiss, prancis, italia, dan polandia. disebut kekaisaran, karena memang kerajaan ini memiliki daerah dan kekuasaan yang lebih besar dan kuat daripada kerajaan-kerajaan lainnya pada masa itu, terlebih adanya unsur "Dimahkotai oleh Paus," yang pada waktu itu berarti memiliki kewajiban untuk melindungi Katolik Roma



HRE secara de facto terbentuk pada tahun 800 oleh Charles I atau yang sering disebut dengan nama Charlemagne (Charles The Great), disebut de facto karena pada saat itu Charles I dimahkotai oleh Paus Leo III (pada saat natal tahun 799) sebagai kaisar yang melindungi kaum katolik, (ada cerita alasan pemahkotaan ini karena adanya pencobaan pembunuhan/penyiksaan orang-orang tertentu kepada Paus Leo III yang membuat dirinya membutuhkan sesosok tokoh yang cukup kuat yaitu Charles I) namun HRE disini bukanlah kekaisaran yang memiliki kekuasaan Jerman dan sekitarnya, namun hanyalah penguasa Prancis. oleh karena itu pada zaman dinasti Carolingian (dinasti/nama keluarga Charles I) HRE seolah-olah adalah gelar sekunder, sedangkan yang menjadi gelar utamanya adalah kekaisaran Frankish atau sering juga disebut Carolingian Empire. Bagaimana sampai bisa HRE memiliki kekuasaan yang gila? hal ini terjadi karena adanya "Crusader" yang dilakukan Charlemagne kepada kaum saxon/german yang bisa dibilang barbar. sampai akhir kepemimpinannya, Charlemagne memiliki gelar sebagai Frankish Emperor, HR Emperor, dan King of Lombardy
Quote:Setelah berakhirnya masa kepemimpinan dinasti Carolingian dan cabang-cabang keluarganya (sub dinasti) yaitu dengan matinya Berengar I (penguasa Italia) pada tahun 924, maka naiklah Kaisar Otto I sebagai Kaisar baru HRE pada tahun 962. Kalau diperhatikan, ada jarak antara tahun 924 dan 962. jarak ini adalah masa-masa hilangnya HRE, karena Carolingian Empire pecah menjadi Kerajaan Prancis saja, dan tanah-tanah di bumi jerman dan sekitarnya menjadi negara-negara bebas di bawah para dukes. Otto I yang naik ini menjadi penanda Kekaisaran HRE di bawah darah Saxon dan lahirnya de jure HRE yang berbeda dari Carolingian. pada masa ini Lombardy (italia Utara masih bagian dari HRE sampai masa pertengahan abad pertengahan .)

Quote:Setelah habis masa kepemimpinan Otto dan ketutunannya (yang terakhir adalah Henry II pada tahun 1024). maka naiklah kaisar baru yang naik secara revolusional (setidaknya pada masa itu) yaitu lewat pemilihan (elective) yang pemilihnya adalah penguasa-penguasa dengan gelar duke pada HRE. Kaisar baru ini adalah Conrad II dari dinasti Salian yang berdarah frankish. karena pemilihnya adalah para duke yang secara langsung ataupun tidak langsung memiliki hubungan darah dengan dinasti Carolingian, maka tidak heran jika hanya beberapa dinasti kuat saja yang dapat menjadi Emperor (Salian dan Ottonian merupakan keturunan dari cabang-cabangnya Carolingian).

Dinasti Salian sendiri termasuk dinasti yang sangat kuat dalam sejarah HRE karena mampu menciptakan sub-sub dinasti yang menguasai HRE atau dengan kata lain Salian adalah induk dari kaisar-kaisar HRE sampai akhir masa berdirinya kekaisaran ini yaitu 1314, seringkali dinasti ini disebut Saxon-Salian, dipisahkan karena Salian masih berdarah murni Frankish, sedangkan keturunannya yang lain seperti Hohenstaufen, Hohenstaufen, Wittelsbach berdarah saxon. selain keluarga Salian, keluarga yang mampu menurunkan dinasti dinasti kuat lainnya adalah dinasti Suplinburg, yang merupakan keturunan Carolingian yang naik pertama kali tepat ketika dinasti asli Salian mengakhiri kekuasaannya di HRE, yang kemudian diganti oleh keturunan Salian. dinasti Suplinburg sendiri memiliki keturunan terkuat pada masa akhir-akhir HRE yaitu setelah masa akhir medieval atau masa awal renaissance, itupun setelah bercampur dengan keturunan HRE, yaitu dinasti Habsburg dan Habsburg-Lorraine

-kalau nggak salah Salian dan Suplinburg sudah bercampur sejak lahirnya cabang dinasti luxembourg yang dihitung keturunan dari Suplinburg-

HRE sendiri berakhir pada tahun 1806 pada masa kepemimpinan Franz II of Habsburg-Lorraine


Spoiler for Cerita lain:

HRE menganggap bahwa dirinya adalah pewaris sah dari Romawi (Barat) dan selalu memandang sebelah mata Byzantium yang secara kultur dan keturunan bangsawannya justru asli dari Romawi langsung (bayangin aja, emperor pertama byzantium/romawi timur dinastinya masih augustus). mereka biasa menyebut Byzantium dengan kerajaan Yunani.

Semenjak tahun 900 an kepemimpinan di HRE bisa dibilang sangat bebas, dimana vassal/bawahan/jajahan (kasarnya) seolah-olah merdeka, tidak seperti negara-negara lain pada masanya (feudalism), oleh karena itu terkadang orang menganggap bahwa HRE adalah gelar kehormatan khusus bagi Raja Jerman (ya pada teori ini Negara-negara lain di sekitar Kerajaan Jerman bukanlah bagian sah dari Jerman/HRE mis: Flanders/Belanda atau Bohemia, namun tetap memberi kontribusi terhadap kekuatan HRE.

Ada sedikit hal yang akan membingungkan dalam masalah jerman, HRE, dan Romawi, mari kita mulai untuk membahasnya. setelah diadakannya elective monarchy (penguasa dipilih) maka para pemilih akan memilih raja jerman yang secara langsung juga akan digelari King of Romans, nah yang lucunya King of Romans ini bukanlah Emperor of HRE, karena HRE adalah gelar yang khusus diberikan oleh Paus, karena itulah selama baru memiliki gelar King of Romans dan King of Germany, maka dia tidak dapat memerintah secara total daerah-daerah di sekitarnya, karena bagaimanapun salah satu vassal dari HRE adalah kerajaan Bohemia, masa orang memerintah orang yang kedudukannya sama misalnya Presiden memimpin Presiden, walaupun masih dimungkinkan King of Romans memiliki pengaruh besar terhadap penguasa di sekelilingnya.

Salah satu King of Romans yang tidak menjadi Emperor of HRE adalah Richard I Plantagenet, Dinasti Plantegenet ini adalah dinastinya King Richard The Lionheart. Perlu diingat Richard I dan Richard The Lionheart itu orang yang berbeda.

SUMBER
0 Komentar untuk "Sejarah Holy Roman Empire"

 
Copyright © 2014 Indo Artileri - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info